Selasa, 22 Februari 2011

Kegitan Pelayanan Umat Buddha

Beberapa bidang pelayanan yang idealnya disediakan disetiap vihara yang dimediasi oleh komunitas Sangha (sebagai mediator) dan kepanjangan tangan Sangha seperti Majelis Buddhayana Indonesia yang dibantu korps pandita (sebagai pelaksana kegiatan) adalah sebagai berikut:

1.  Kegitan Pelayanan Ritual Puja Bhakti, dan dalam Pelatihan-pelatihan pemimpin puja Bhakti diketiga tradisi (Therawada, Mahayana dan Vajrayana).
2.  Kegiatan Pelatihan Dharmaduta dan Dharmaduta Muda.
3.  Kegiatan Pelatihan Kursus Dasar Ajaran Buddha.
3.  Kegiatan Upacara Peringatan Hari-hari besar dalam Agama Buddha.
4.  Kegiatan Pelatihan Upacarika (pelayanan kursus singkat pranikah, pelayanan pemberkatan pernikahan, bimbingan konseling paskah pernikahan dll.)
5.  Kegiatan Pelatihan Karuna Duta (pelayanan kunjungan kasih, upacara kematian dan kunjungan kerumah sakit).
6.  Bimbingan Konseling Keluarga Buddhis Bahagia yang disediakan bagi anak, pemuda, suami dan atau istri dengan topik seputar ekonomi buddhis, psikologi buddhis, pendidikan seks, hak  dan kewajiban kewajiban suami-istri-anak dll.

Semua kegiatan ini dapat diadakan sesuai dengan kebutuhan, baik melalui kelas-kelas workshop maupun dharmakelas. Terpenuhinya tujuan pembelajaran ini dapat menghilangkan dahaga umat buddha akan ajaran buddha. Tentunya bersifat aplikatif yang artinya dapat dipraktikan dalam keseharian untuk memenuhi kesempurnaan dalam pelayanan dan menjadi sempurna melalui pelayanan.  Bagi para umat buddha baik dalam komunitas buddhayana maupun umat buddha secara umum yang memiliki tingkat ekonomi menegah keatas, intelektual  dan telah dapat menggunakan media digital dapat memanfaatkan media seperti, Website/internet (web pembelajaran, elektronik book, file (.exe), media jaringan sosial), buku-buku bertemakan pembelajaran nilai-nilai buddhis. dll

Bahan Diskusi:
1. Bagaimana pelayanan-pelayanan yang  diharapkan ini terjadi dalam vihara Anda?
2. Mohon uraikan kondisi (hal-hal positif yang sudah berjalan) disertai usulan yang mungkin menurut Anda dapat dijalankan,
3. dan Masalah (Jika Ada) di wihara Anda disertai dengan pemecahan masalah berdasarkan pemahaman Anda!?

Maitricittena,
Sagin Wilayah II

2 komentar:

  1. Namo Buddhaya,
    Saya mau urun rembug, bukan sbg aktivis krn saya sedang tidak mengikatkan diri pada organisasi apapun, sebagai pribadi saya menilai vihara-vihara di Jambi sudah cukup memberikan pelayanan-pelayanan tersebut, namun yang belum banyak tersentuh adalah pelayanan melalui internet.

    Menurut saya, para Romo Pandita hendaknya tidak merasa ragu untuk memanfaatkan media internet dalam pelayanan mereka, karena orang menyukai informasi yang cepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

    Misal, mau cari tahu syarat-syarat pemberkahan pernikahan, tentu lebih praktis dengan duduk didpn komputer dan browsing, untuk mengunjungi vihara yg mungkin jauh dr rumah dan blm tentu panditanya ada di tempat, agak krg praktis bagi org sibuk.

    Konsultasi perkawinan, masalah remaja, dll dpt dilakukan dg internet, krn terkadang org merasa segan/malu mengungkapkan masalahnya secara langsung.

    Demikian pendapat saya, mohon koreksi jika ada kesalahan.
    Namo Buddhaya

    BalasHapus
  2. Namaste suvatthi hotu
    Sebagai Nasum siap membantu penyelenggaraan Dhammaclass, ceramah, talkshow dsb

    BalasHapus